Rabu, November 30, 2022
spot_img

‘Bike to Work Bandung’ Bikin Handbook Keamanan Bersepeda

BerandaDaerah'Bike to Work Bandung' Bikin Handbook Keamanan Bersepeda

BANDUNG – Sejak pandemi covid-19 yang sudah hampir 2 tahun ini, masyarakat rupanya memulai hoby baru dalam hal olahraga ataupun sarana berkendara terutama untuk ke kantor.

Hoby baru itu yakni bersepeda, setiap hari bahkan saat weekend banyak warga lebih senang menggunakan sepeda ketimbang sepeda motor ataupun mobil.

Alasan lain mengguna sepeda juga karena meningkatnya kesadaran untuk menjaga kesehatan terus berkembang.

Tak heran di Kota Bandung sejak tahun 2007 hadir komunitas yang mengajak masyarakat untuk beralih dan menjadikan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari diantaranya bersepeda untuk ke kantor.

Yap, komunitas ini adalah Bike To Work (B2W) Kota Bandung beranggotakan sekelompok penggemar sepeda.

Ketua Komunitas Bike to Work Bandung, Wildan Fachdiansyah mengatakan, di kepengurusan yang terbaru ini akan banyak kegiatan yang dilakukan.

Bahkan pihaknha akan membuat handbook sebagai pedoman bersepeda. Dimana handbook ini bisa digunakan untuk para pesepeda dengan teknologi scan barcode.

“Scan barcode ini sebagai pedoman bagaimana bersepeda yang aman dan nyaman ketika ke kantor, pasar, dan tempat lainnya,” ujar Wildan saat ditemui di Work Coffee, Jalan Sumbawa, Sabtu (12/2/2022)

Bekerja ke kantor dengan menggunakan sepeda memang mengasyikan, tetapi ada hal yang menjadi perhatian anggota Komunitas Bike To Work.

Salah satunya adalah ruang bilas sehingga memudahkan para pekerja yang bersepeda ke kantor.

Wildan pun menyampaikan maraknya jenis sepeda saat ini tidak membatasi para pengguna untuk bergabung. Begitupun jenis sepeda yang digunakan untuk bekerja tidak ada kriteria tertentu.

“Asal nyaman dan sesuai kebutuhan untuk digunakan gowes ke kantor. Karena ada juga yang pake mountain bike bahkan sepeda listrik,” ujarnya.

Lanjutnya, Komunitas Bike To Work juga telah banyak melakukan kampanye seperti gowes bareng dengan Gubernur yang berangkat di rumah dinas hingga ke Gedung Sate.

Lalu ada juga perkumpulan di Cikapayang dan berbincang dengan anggota komnunitas lainnya untuk memberikan edukasi masalah tertib bersepeda.(red)

Berita Terbaru