Rabu, September 28, 2022
spot_img

Dari 20 Unit Bis Hanya 2 Yang Layak Jalan

BerandaKota BandungDari 20 Unit Bis Hanya 2 Yang Layak Jalan

BANDUNG – Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara menyampaikan dari 20 unit bis yang diperiksa cuma 2 unit bis yang laik jalan.

Karenanya Dishub melakukan pengecekan langsung on the spot ke perusahan otobus (PO).

“Jika kendaraan berumur sudah 2 tahun minimal ada titik keausan. Begitupun, kendaraan yang disimpan pun kalau saat diperiksa lebih intens pasti ada keausan,” ucap Asep, pada Bandung menjawab, Rabu (13/4/2022).

Lanjut Asep besok Kamis (14/4/2022) pihaknya akan melakukan pengecekan rem Cicaheum.

“Kita memastikan laik jalan dan laik operasi demi memberikan kenyamanan bagi pemudik,” ucapnya.

Kendaraan yang tidak terdetek laik itu kata Asep memang sepele namun berakibat fatal. Semisal wipper kadang tidak bisa karena lama tidak digunakan padahal wipper itu sangat berfungsi, penting dan dibutuhkan disaat perjalan dengan cuaca hujan.

“Itu dibutuhkan jadi saat rusak kami tolak, ada juga masalah kaca film, lampu penunjuk arah, sekecil itu tidak diperbaiki jadi masalah. Atau mininal ambang batas rem 50 persen dari kapasitas kendaraan 1000 berarti rem 500 kan, itu semua harus terpenuhi karena keselamatan bukan hanya untuk orang lain tapi juga kita,” pungkasnya.

Apabila sudah diperbaiki dan dicek kembali baru diperbolehkan beroperasi. Jumlah armada angkutan lebaran sendiri kata dia diprediksi ada sekitar 7000.

Jika masib kekuarangan akan adq bis bantuan dari travel ataupun PO yang biasa dipakai pariwisata. Bis bis itu akan ada di terminal terminal. Dan bis bantuan pun harus lulus periksa.

Untuk syarat supir cadangan pun kata Asep sudah dipenuhi para PO yang melakukan perjalanan lebih dari 8 jam.(kai)

Berita Terbaru