Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img

Gerindra Pastikan Rawat Koalisi Bersama PKS

BerandaKota BandungGerindra Pastikan Rawat Koalisi Bersama PKS

BANDUNG – Meskipun salah satu bagian komitmen koalisi yang dibentuk sejak Pilwalkot 2018 tinggal menyisakan Yana Mulyana di kursi kepemimpinan Pemkot Bandung, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bandung Ade Supriadi menjamin Gerindra tetap sejalan dan memastikan bakal menjaga komitmen koalisi bersama PKS  khususnya di DPRD Kota Bandung.

“Saya tentu menjaga betul hubungan Gerindra-PKS ini, ya. Karena komitmen bersama ini bukan hanya soal siapa yang memimpin, tetapi bagaimana memperjuangkan ide bersama untuk membenahi Kota Bandung,” kata Ade, selepas acara pelantikan Yana Mulyana menjadi Wali Kota Bandung, di Gedung Sate, Senin, 18 April 2022.

Seperti diketahui, Wali Kota Bandung Oded M Danial wafat saat menjalani tugasnya, menjelang akhir 2021. Posisi Yana yang secara otomatis naik menjadi wali kota tidak dibarengi dengan pengisian kembali wakil wali kota.

Aturan pengajuan wakil wali kota yang seharusnya diisi kader PKS tidak terwujud karena melampaui masa tenggat dalam prosesnya. Padahal DPRD Kota Bandung telah menetapkan rangkaian tahapan pengajuan sesuai aturan dan waktu yang tercantum dalam Undang-Undang.

Meski begitu, Ade meyakini proses demokrasi di Kota Bandung akan berjalan semestinya. Posisi Partai Gerindra dan PKS di kursi dewan masih mampu menjalankan fungsinya dalam mengawal kebijakan yang digulirkan Yana Mulyana.

“Saya kira tidak ada perubahan besar dari kondisi sejak almarhum Mang Oded memimpin, ya. Tugas kami di dewan terus dipacu supaya pembangunan sesuai kehendak rakyat. Fungsi pemerintahan ini masih berlangsung sama seperti masa-masa sebelum periode Oded-Yana,” ujar Ade.

Ia memahami adanya ketimpangan beban kerja selama Yana memimpin tanpa wakil. Akan tetapi, Ade tidak ingin kepemimpinan tunggal di Balai Kota Bandung dijadikan alasan untuk mentolerir segala bentuk wanprestasi atau sulitnya mencapai target-target pembangunan.

Secara sistem, kata Ade, Pemerintah Kota Bandung telah melewati banyak perbaikan dan inovasi. Tata kelola pemerintahan sudah dibentuk semakin mudah, terutama berkat bantuan teknologi digital.

Tinggal saatnya mengawasi bersama langkah-langkah dan kebijakan Yana dalam menjalankan program kerja demi kemajuan Bandung. Di DPRD Kota Bandung, fungsi pengawasan akan berjalan sesuai amanah rakyat.

“Bersama publik Kota Bandung, kita awasi pembangunan ini. Masih banyak yang harus dibenahi mulai dari kesejahteraan warga, ekonomi, kemacetan, sampai banjir,” katanya.

Ade pun memberikan ucapan selamat bagi Yana atas tugas baru sebagai wali kota Bandung. Dengan waktu tersisa, ia mengharapkan muncul banyak gebrakan baru demi terciptanya Bandung yang maju.

“Karena waktu yang tersisa hanya tersisa setahun lagi, kami di dewan tentu menunggu inovasi dan terobosan yang bakal diberikan Yana bagi warga Kota Bandung,” tutur Ade. (kai)

 

 

 

Berita Terbaru