Sabtu, Oktober 1, 2022
spot_img

Kini Cetak Foto Lebih Gampang dan Cukup Via WA

BerandaKota BandungKini Cetak Foto Lebih Gampang dan Cukup Via WA

BANDUNG – Jaman dulu untuk cetak foto kita harus ke gerai atau ke kios kios afdruk foto dan seiring perkembangan jaman cetak foto pun terus berkurang. Kini orang akan datang ke gerai foto hanya untuk cetak pas foto guna kebutuhan dokumen atau hanya untuk mengabadikan foto pernikahannya, selebihnya cukup menyimpan momen foto mereka di memori telepon selular, laptop atau personal computer (PC).

Sementara itu, menyimpan momen berharga di memori aplikasi cloud ataupun hard disk tidak bisa bertahan lama, pasalnya file penyimpanan tiba tiba terhapus atau rusak. Kalau pun untuk dibagikan di media sosial akan cepat tertumpuk dengan foto – foto baru lainnya.

Seperti dialami Content Creator and Influencer, Zata Ligouw, ia sering kehilangan data dimana data itu berisi momen momen yang tidak bisa diulang lagi.

“Menyimpan foto kenangan dalam bentuk digital itu rentan terhadap ancaman kehilangan data yang disebabkan oleh kegagalan teknologi, makanya ada ini saya senang bangat dari 5 saya kasih nilai 4,5,” ucap Zata pada launching “ChatFoto” secara virtual, Kamis (21/4/2022).

Melihat kondisi itu Fujifilm berkolaborasi dengan meta penyedia aplikasi WhatsApp, Digital Mediatama Maxima (DMXX), meluncurkan “ChatFoto”, sebuah layanan cetak foto pertama di Indonesia yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp.

“Di era yang serba cepat dan praktis ini, budaya cetak foto mulai tergeser dan tergantikan dengan penyimpanan file digital. “ChatFoto” ini sebagai bagian dari kampanye never stop, FUJIFILM Indonesia,” ujar General Manager Photo Imaging FUJIFILM Indonesia, Josef Kuntjoro.

“Jadi, tak perlu khawatir dengan kenangan indah yang tersimpan di file digital, cukup Satu Klik untuk Selamanya, hasil dan resolusi foto dijamin sama,” jelasnya.

Lanjut Josef, masyarakat tinggal pindai QR code “ChatFoto”, karena hari ini “ChatFoto”  sudah bisa digunakan, lalu semua yang berkaitan dengan cetak mencetak foto akan langsung terhubung dengan WhatsApp.

“Setelah terhubung dengan gerai fujifilm bisa lihat templete cetak ukuran berapa atau bingkai, lalu nanti bayar secara digital dan hasilnya akan dikirimkan langsung ke rumah di seluruh wilayah dengan ongkos kirim sesuai standar layanan pengiriman,” promosinya.

Vertical Lead Meta Aldo Rambie menambahkan foto merupakan momen yang tidak akan bisa diulang.

“Tidak semua yang teknologi menggerus manual tetapi tidak bisa kita hindari, dengan kolaborasi seperti ini tentu akan sangat menguntungkan,” ucapnya.

Ditambahkan Presiden Direktur PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), Budiasto Kusuma menyampaikan, di “ChatFoto” terdapat bayak vitur.

“Tidak perlu aplikasi, banyak tamplete seperti stiker, bingkai foto, promo voucher dan lainnya,” jelasnya.

Presiden Direktur FUJIFILM Indonesia, Masato Yamamoto mengatakan menangkap atau memotret (capture) lalu mencetak (printing) itu adalah memerangkap waktu dan memori.

Sedang saat ini orang cenderung menangkap kemudian membagikan (sharing) di sosial media. Nah untuk printinga mulai berkurang.

Kata Masato gerai foto di Jepang lebih banyak dibanding di Indonesia. Itupun hanya terdapat di kota besar terutama pulau Jawa. (kai)

 

 

 

 

Berita Terbaru