Rabu, September 28, 2022
spot_img

Ratusan Ribu Kendaraan Keluar Masuk Kota Bandung

BerandaDaerahRatusan Ribu Kendaraan Keluar Masuk Kota Bandung
  1. BANDUNG – Kini Dishub Kota Bandung memiliki kamera vid yang dilengkapi fasilitas menditeksi berapa jumlah kendaraan yang keluar masuk kota Bandung.

Kabid Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung Khoirul Rijal, mengatakan kamera tersebut tersimpan dititik titik krusial pintu masuk kota Bandung. Yakni dari arah timur di simpang Ujungberung, Gedebage, Samsat, Kiaracondong Baypas (kipas), Buah Batu Baypas (bupas), Mohamad Toha Ba⁸ypas (mopas), Pasirkoja Baypas (Papas), serta ada di Cibereum, Pasteur, Ledeng dan Simpang Dago.

Kamera vid itu kata Rijal di kota Bandung ada sebanyak 42 unit.

“Ini kamera bantuan kementerian perhubungan yang dikelola bptd wil 9. Salah satu fungsinya bisa menghitung jumlah kendaraan yang lewat di setiap tangkapan kamera, kalau dulu kan kita menghitung manual menyimpen petugas di titik titik itu,” jelasnya.

Sementara untuk mengatur kemacetan di kota Bandung, Rijal mengaku mengendalikan Alat Pengendali Isyarat Lalu Lintas (Apil) yang terkoneksi ke ATCS Area Traffic Control System (ATCS) atau biasa disebut command centre room (CC Room).

Kata Rijal Apil di persimpang yang bisa diatur waktu siklus lampunya perkaki simpang.

“Kita bisa bikin lampu hijau lama atau lampu merah lama, tetapi memang belum disemua simpang ada, baru di 30 simpang,” ucapnya.

Masih kata dia, untuk di lokasi yang ada pemberitahuan ‘anouncer’ pihaknya melakukan himbauan dari cc room agae para pengendara tertib lalu lintas dan taat prokes.

Lanjut dia, ada 99 unit CCTV di simpang yang terkonek apil. CCTV pun lanjutnya ada 2 kategori untuk gelombang pertama merk hik viction bisa berputer 360 derajat, bisa zoom, geser kiri kanan.

“Dan yang fik artinya tetap ada 32 unit, untuk yang merk huawei pengadaan tajun 2015 ada 150 kamera,” jelasnya.

Untuk diketahui kendaraan yang masuk pada H-5 ini R2 (sepeda motor) sebanyak 138,612, dan untuk R4 (mobil) sebanyak 127,966. Sedang untuk kendaraan ke luar kota Bandung R2 sebanyak 167,184 dan R4 sebanyak 170,889. (kai)

Berita Terbaru