Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

KM 149 Dibuka, Camat Minta Rencana Pelebaran Jalan Segera Dilakukan

BerandaKota BandungKM 149 Dibuka, Camat Minta Rencana Pelebaran Jalan Segera Dilakukan

BANDUNG РExit tol kilo meter (KM) 149 bakal segera difungsikan, namun sayang dampak negatifnya dipastikan  bakal terjadi kemacetan disekitar keluar exit tol yakni di jalan Ciwastra dan Gedebage.

“Positifnya ekonomi masyarakat hidup, kan disini semua asalnya petani tapi karena sawah tak ada jadi wiraswasta seperti berjualan. Nah kalau KM 149 dibuka, bagi warga terdorong jualan dan optimis laku apalagi disini banyak unggulan makanan, kerajinan dari kulit dan sebagainya,” ujar Camat Buah Batu Edi Juhendi saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Edi kemacetan di wilayahnya itu tak bisa dihindari, belum dibukanya exit tol KM 149 pun sudah macet terlebih nanti pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan sehingga kemacetan bisa lebih lama.

“Saya kalau ada acara di balai kota harus menyiapkan sekitar 1,5 jam sebelum acara. Ya naik 30% kemacatannya,” paparnya.

Tak heran Edi berharap program pelebaran jalan yang sudah tercatat di agenda musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) 5 tahun lalu bisa segera terrealisasi.

“Kalau soal anggaran dan harga tanah kami tidak tahu persis takut salah ya, tapi sudah masuk di musrembang dan disetujui DPRD,” tegasnya.

Pelebaran jalan sendiri diperkirakan harus membebaskan sekitar 500 lahan tanah milik warga dan pemerintah yang diperkirakan melintas di jalan Derwati – Pasar Gordon atau sepanjang 20 km. Termasuk pelebaran jalan alternatif di jalan Margahayu raya.

Selain pembebasan lahan, saran lain dari Edi yakni membuat jalan baru disejajar tol tepatnya dibawah akses kereta cepat Indonesia China (KCIC).

“Kalau alternatif ini sedikit murah, tidak usah membebaskan lahan. Karena yang digunakan kan sekarang masih jadi sawah dan juga disana masih ada lahan lahan milik pemerintah,” ungkapnya. (kai)

Berita Terbaru