Rabu, Oktober 5, 2022
spot_img

Ketua DPRD Kota Bandung Desak Akses Tol KM 149 Segera Dituntaskan

BerandaKota BandungKetua DPRD Kota Bandung Desak Akses Tol KM 149 Segera Dituntaskan

BANDUNG – Memantau jembatan Summarecon, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengaku menyayangkan proyek pembangunan fly over Gedebage akses tol Purbaleunyi KM 149 yang digadang gadang bakal mengurai kemacetan, terlebih sudah lima tahun ini jembatan dibiarkan begitu saja alias tidak ada kelanjutannya.

Karenanya Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mendesak pemerintah pusat segera menuntaskan pembangunan fly over Gedebage tembus Soekarni Hatta.

“Tak ada tindak lanjut sejak 2016 dibiarkan begitu saja, padahal kehadiran fly over Gedebage sangat membantu mengurangi kemacetan di wilayah Gedebage,” ujar Tedy disela pantuan akses tol Purbaleunyi KM 149, Rabu (17/5/2022).

Tedy mengatakan pembukaan exit tol Purbaleunyi KM 149 dan juga double track, jika tidak ada fly over akan menimbulkan kemacetan di Jalan Gedebage Selatan.

“Exit tol KM 149, belum dibuka tapi kita bisa lihat kondisi kemacetan di kawasan Gedebage Selatan cukup parah, jika fly over terbangun akan mengurai kemacetan,” ujarnya.

Namun kata Tedy, pihaknya hanya bisa mendesak sedangkan yang harus berkirim surat ke Pemerintah pusat adalah Wali Kota.

“Ada dua masalah yang harus diselesaikan di wilayah Gedebage pelebaran jalan dan  penyelesaian menuntaskan pembangunan flyover yang terbengkalai sejak tahun 2016,” paparnya.

“Ini terkendala lahan pemakaman yang belum dibayarkan kepada warga,  untuk itu saya harapkan segera diselesaikan,” ujar Tedy.

Lanjutnya, fly over Gedebage sangat membantu akses ke  GBLA, Masjid terapung Al Jabbar, exit tol KM 149 untuk mengurangi kemacetan.

“Pelebaran jalan dan penyelesaian fly over, keduanya penting, tuntaskan satu satu jika dana terbatas,” ujarnya.

Sementara itu Camat Gedebage sekarang jumlah penduduk di Kecamatan Gedebage sebanyak 41.780 jiwa.

Belum lagi ditambah dengan populasi di Kawasan Kabupaten Bandung. da beberapa wilayah di Kecamatan Gedebage memang berbatasan langsung dengan Kawasan Kabupaten Bandung.

“Selain itu, sekarang kan sedang dalam proses pembangunan double track,” tambahnya.

Seperti diketahui pada pembangunan tahap satu di lakukan dari Gedebage- Haurpauh, sedangkan tahap kedua Kiaracondong-Gedebage dan Haurpugur-Cicalengka.

Proyek yang segera memasuki tahap II tersebut diyakini bisa menambah kapasitas lintas dan layanan penumpang, serta mempercepat waktu tempuh. (kai)

 

 

 

 

Berita Terbaru