Rabu, September 28, 2022
spot_img

Giatkan Lahan Kerja Pasca Pandemi, ITB Kembali Buka Jobfair

BerandaKota BandungGiatkan Lahan Kerja Pasca Pandemi, ITB Kembali Buka Jobfair

BANDUNG – Selama pandemi covid-19, 2 bahkan nyaris 3 tahun ini, jumlah pengangguran kian meningkat, per Desember 2021 dari 8,16% naik 3% atau 11,9% (sekitar 147 ribu orang).

Alasan itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center, kembali mengadakan bursa kerja Virtual ITB Integrated Career Days Mei 2022, yang berlangsung pada 19-21 Mei 2022 melalui website virtualfair.itb.ac.id.

Direktur ITB Career Center, Sonny Rustiadi, PhD menuturkan, kebutuhan di bidang teknologi dan informasi semakin meningkat dan membuat persaingan bisnis di dunia industri khususnya di bidang teknologi semakin kompetitif.  Atas desakan kondisi ini, lahirlah era society 5.0.

“Berbeda dengan revolusi industri 4.0. Era society 5.0 dimana masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,” kata Sonny, seusai pembukaan Virtual ITB Integrated Career Days Mei 2022, Kamis (19/5/2022).

Sonny mengungkapkan, Society 5.0 merupakan solusi dan tanggapan dari revolusi industri 4.0 yang penuh inovasi teknologi, di tengah kekhawatiran timbulnya degradasi manusia. Society 5.0 adalah upaya mewujudkan masyarakat yang di dalamnya benar-benar bisa menikmati hidup dan merasa nyaman.

Dengan adanya perubahan era ini, lapangan pekerjaan di Indonesia pun ikut berubah. Jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut, misalnya, juga ikut berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Akan ada jenis pekerjaan yang hilang, namun ada pekerjaan baru dan profesi baru mulai bermunculan seperti Youtuber, content creator, social media specialist, web developer, pembayaran digital, teknologi perbankan, transportasi daring, dan lain sebagainya.

“Meski ada inovasi teknologi yang hebat, dalam era ini dibutuhkan pekerjaan yang cocok dan imbang dengan Society 5.0. Bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi termasuk fresh graduate harus cermat memilih pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan era ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Sonny, ITB Career Center menyelenggarakan acara Virtual Titian Karir ITB Mei 2022 untuk mendukung pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang sistem teknologi dan informasi.

Perusahaan yang terlibat tidak hanya menawarkan dan mengenalkan pekerjaan di bidang industri teknologi tetapi juga memenuhi kebutuhan era Society 5.0. Hampir setiap perusahaan membuka lowongan untuk sistem teknologi dan informasi, jumlah lowongan yang dibuka lebih dari 100 lowongan.

“Virtual ITB Integrated Career Days May 2022 menyediakan berbagai jenis lowongan pekerjaan dengan jumlah ratusan dari 19 perusahaan nasional maupun multinasional yang ikut berpartisipasi dalam acara ini,” ujar Sonny.

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi antara lain Paragon, Pangaea Sinergi Solusi, P&G, Kalimantan Prima Persada, Allianz Indonesia, Mind ID, Cosmax Indonesia, APRIL Group, KB Valbury, PT HLI Green Power Bank Mandiri, Multipolar, Bank BRI, Bank BCA, MUFG Bank, Prima Vista Solusi, Samsung R&D Institute Indonesia, Bank Indonesia, dan Astra International.

Bursa Karier ITB ini merupakan bursa karier keempat yang dilaksanakan secara daring sejak adanya pandemi pada tahun 2020 yang lalu. Acara ini masih serangkai dengan wisuda ITB April 2022, seusai dilaksanakan sidang terbuka untuk lulusan ITB.

Sebagai penutup dari rangkaian acara wisuda ITB April 2022 dilaksanakan acara TEDxITB 5.0 pada 22 Mei 2022 secara luring. “Diharapkan dengan dilaksanakannya bursa kerja ini dapat menjadi jembatan bagi para lulusan ITB untuk terjun ke dunia usaha dan dunia industri,” tuturnya. (kai)

 

 

Berita Terbaru