Sabtu, Oktober 1, 2022
spot_img

Derwati Berharap Segera Miliki Kolam Retensi

BerandaKota BandungDerwati Berharap Segera Miliki Kolam Retensi

BANDUNG – Kelurahan Derwati tepatnya di Riung Bandung selama dua tahun ini jarang terjadi banjir, hal itu karena aparat kewilayahan khususnya lurah Derwati cukup bawel mengingatkan warga untuk selalu menjaga dan membersihkan lingkungan terutama salurannya.

Namun untuk antisipasi banjir seperti tahun tahun sebelumnya, Lurah Derwati Selamet Boedhi berharap di wilayahnya segera miliki kolam retensi.

“Sebenarnya udah Detail Engineering Design (DED) tahun 2009. Namun sampai kini belum terwujud,” jelas Boedhi, Selasa (24/5/2022).

Lanjutnya, lokasi kolam retensi tersebut berada di lahan milik pemerintah.

“Ada lahan milik pemerintah juga kita masih punya sawah abadi sekitar 3,8 ha,” ucapnya.

Diwilayahnya terdapat 13 rukun warga dan 86 rukun tentangga dihuni 19 ribu warga. Saat hujan turun warga khusus di Riung Bandung selalu was was khawatir air meluap sehingga terjadi banjir.

“Karena itu kami sangat berharap segera dibangun kolam retensi,” tutur Boedhi yang mengaku sudah 12 tahun menjadi luruh dibeberapa wilayah di Kota Bandung.

Pada kesempatan itu pria kelahiran Indramayu ini menyampaikan bahwa di wilayah yang dipimpinnya sudah banyak meraih penghargaan, mulai kelurahan sadar hukum dengan kriteria minim kriminalitas, taat bayar pajak, nol pernikahan dini dan lainnya.

Kelurahan Derwati pun diklaimnya sudah 100% Open Defecation Free (ODF) dengan kriteria warga sudah sadar dan menggunakan jamban sehat meski tidak dirumah atau menggunakannya di mesjid dan wc umum.

“Kita juga meriah penghargaan eko office, kelurahan bersinar (bersih narkoba,red) dan lurah terbaik. Unggulan disini banyak salah satunya membuat telor asin,” ucapnya Boedhi seraya mengatakan karena keberhasilnya ia sempat kursus leadership di Singapura serta sempat study banding PLTS ke China dan beberapa negara lainnya. (kai)

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru