Rabu, September 28, 2022
spot_img

16 Tahun Mati, Anak Sungai Cinambo Difungsikan Kembali

BerandaNews16 Tahun Mati, Anak Sungai Cinambo Difungsikan Kembali

BANDUNG – Setelah 16 tahun atau 2006 silam anak sungai Cinambo tak berfungsi, namun karena sering terjadi banjir dan sering genangan air limbah mencemari persawahan, anak sungai Cinambo kini dinormalisasi untuk difungsikan kembali.

Lurah Cisaranten Kidul Erwin Fansori mengatakan, di daerah Riung Bandung sering banjir kemudian dibuka kanal Cinambo sepanjang 5,5 km tepatnya di daerah Beubeudahan – Rancanumpang menuju Sapan. Akibat kanal itu, kali kali atau sungai alam anak Cinambo menjadi mati alias tidak berfungsi.

“Sungai alam itu mengalami pendangkalan terutama di daerah Gedebage RW 03 dan Riung Bandung, ini menjadi banjir dan airnya berbau hingga mencemari sawah warga. Warga mengeluh sering gagal panen,” ungkap Erwin disela monitoring pengerukan sedimentasi dan sampah di lokasi, Selasa (24/5/2022).

“Anak kali sepanjang 840 meter ini yang dinormalisasi dengan lebar 4 – 6 meter setelah di RW 03 Gedebage wetan, rencanannya ke Rancasagatan. Disana sepanjang 500 meter dan lebar 4  – 6 meter,” tuturnya.

Selain anak kali difungsikan kembali, air yang diharapkan nanti lebih bersih pun direncanakan masih bisa untuk irigasi karena diwilayahnya masih banyak terdapat area sawah.

Pengerjaan normalisasi sendiri kata Erwin, merupakan swa kelola oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dan akan berlangsung selama 45 hari kedepan.

“Untuk memperkuat tanggul tanggul oleh warga ditanami tanamana vertiver. Luas lahan kami ini adalah keluruhan terluas di Kota Bandung atau sekitar 424 ha, terbentang mulai dari BNN – hingga Gedebage. Disini masih ada sawah 3 ha sebagainnya tanah pemkot dan sebagian milik perorangan,” ujarnya. (kai)

 

 

 

 

Berita Terbaru