Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Perusahaan Cloud Bentuk Kemitraan Dukung Usaha Kecil di Bandung

BerandaKota BandungPerusahaan Cloud Bentuk Kemitraan Dukung Usaha Kecil di Bandung

BANDUNG – Guna membantu lebih banyak bisnis lokal untuk bermigrasi ke cloud dan mengeksplorasi kesempatan pertumbuhan di era digital. Alibaba Cloud, sebagai tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, mengumumkan penggandaan dukungan sumber daya cloud di kota-kota tier-2 dan tier-3 di Indonesia.

Alibaba Cloud pada akan melakukan peluncuran perdana di Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. Program asistensi lokal ini termasuk kolaborasi dengan asosiasi lokal dan komunitas developer dalam mempromosikan cloud computing dan teknologi digital, program bersama dengan universitas terkait pelatihan talenta digital, dukungan TI untuk migrasi ke cloud, dan konsultasi teknis secara langsung tentang adopsi solusi berbasis cloud di lintas industri. Inisiatif terbaru ini ditawarkan bersama dengan mitra lokal seperti Blue Power Technology dan Institut Teknologi Bandung.

“Kami berharap dapat membantu mendorong adopsi digital di area tersebut, sehingga lebih banyak bisnis lokal, startup, dan individu dapat mengadopsi manfaat teknologi cloud dan membuka potensi pertumbuhan ekonomi digital,” ujar Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen, pada rilis yang diterima redaksi, Kamis (8/6/2022).

“Untuk mencapai hal ini, kami akan mengundang lebih banyak pihak termasuk mitra teknologi, lembaga pendidikan, organisasi industri, dan pemerintah daerah untuk bergabung bersama kami dalam berbagai program dukungan, mulai dari edukasi  konsumen hingga pelatihan talenta muda di berbagai kota lower-tier di seluruh negeri.” ujarnya.

Menurut laporan terbaru yang disusun oleh Alpha JWC Ventures dan Kearney, ekonomi digital di kota-kota tier-2 dan tier-3 di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sekitar 5 kali lipat di tahun 2025. Namun, lebih dari 80% populasi di kota tier-2 dan 3 masih terbatas dalam keahlian digital dan memerlukan upaya lebih untuk mempercepat tingkat adopsi digital.

Berbagai inisiatif dukungan Alibaba Cloud akan mulai berjalan melalui serangkaian acara yang dimulai di Bandung pada tanggal 8 Juni, menampilkan lokakarya teknis tentang cloud computing dan studi kasus dari pelanggan, Bank BJB. Acara lokal lainnya dijadwalkan berlangsung di Bali, Surabaya dan Yogyakarta akhir tahun ini.

Alibaba Cloud telah melayani pasar Indonesia sejak tahun 2016. Dengan tiga data center dan satu scrubbing center lokal yang ada di Indonesia, Alibaba Cloud telah menjadi mitra layanan cloud terpercaya bagi pelanggan di ritel, e-commerce, finansial, game, dan transportasi. Di awal bulan ini, Alibaba Cloud juga mengumumkan program baru yang dinamakan “Go Startup Program Indonesia”, yang bertujuan untuk mendukung startup lokal melalui sumber daya cloud computing, pelatihan dan masterclass, konsultasi bisnis, serta peluang untuk networking.

Ditambahkan CEO Blue Power Technology, Erwin Urip, sebagai mitra pakar TI, pihaknya membantu mitra bisnis dan pengguna akhir untuk menemukan, merancang, serta mengembangkan teknologi informasi canggih, dan memberikan nilai bagi mereka.

“Kemitraan dengan Alibaba Cloud telah menjadi kunci keberhasilan kami, dimana kami telah melihat dampak positif dari platform cloud yang kuat dan skalabel untuk mitra bisnis dan pengguna akhir kami. Di dunia yang semakin kompleks dan terdigitalisasi, bisnis membutuhkan mitra penyedia Layanan TI yang sama ambisiusnya dan memiliki pengetahuan geografis, vertikal, serta teknis untuk mendukung mereka, tidak hanya di Jakarta dan kota-kota tingkat-1, tetapi pada akhirnya di seluruh Indonesia untuk membantu mereka melayani pelanggan dengan lebih baik” kata Erwin.

Sedang menurut Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Dr. Tutun Juhana, ST.,MT. Bahwa transformasi digital perlu didorong dengan langkah konkrit untuk mewujudkan Indonesia menuju digital yang dapat menaikkan pertumbuhan ekonomi digital sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

“Alibaba Cloud sebagai salah satu penyedia layanan cloud public disertai dengan penerapan teknologi Artificial Inteligence akan sangat membantu mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi Indonesia. STEI-ITB sangat menyambut baik inisiatif Alibaba Cloud dalam kegiatan seminar sekaligus training bagi seluruh civitas akademika yang saya yakin akan membuat STEI Tambah HEBAT!!” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Head of Information Technology Bank BJB, Anthonius Satriyo Wibowo, menyampaikan bahwa BJB senang dapat berpartisipasi dalam program Alibaba Cloud Geo-Expansion di Bandung sebagai salah satu pembicara & peserta.

“Menjadi salah satu Pelanggan Alibaba Cloud sejak awal tahun ini, kami memahami pentingnya adopsi cloud dalam proses digitalisasi. Alibaba Cloud telah membantu kami dengan menyediakan infrastruktur yang andal, terutama dalam keamanan cloud. Kami sangat berkomitmen dalam membangun ekosistem digital dan keamanan siber bagi bank bjb dan senang memiliki partner teknologi yang dapat diandalkan, seperti Alibaba Cloud” ujarnya.

Sekilas informasi, Alibaba Cloud didirikan pada tahun 2009, Alibaba Cloud (www.alibabacloud.com) adalah tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group,  yang menawarkan rangkaian lengkap layanan cloud kepada pelanggan di seluruh dunia, termasuk komputasi elastis, database, penyimpanan, layanan virtualisasi jaringan, komputasi skala besar, keamanan, manajemen dan layanan aplikasi, analitik data besar, platform pembelajaran mesin, dan layanan IoT.

Alibaba Cloud adalah penyedia layanan cloud publik terkemuka di Tiongkok berdasarkan laporan pendapatan di tahun 2019, termasuk layanan PaaS dan IaaS, menurut IDC. Alibaba Group merupakan penyedia IaaS terkemuka ketiga di dunia dan Asia Pasifik berdasarkan laporan pendapatan di tahun 2020 dalam dolar AS, menurut laporan Gartner April 2021. (kai)

 

 

 

 

Berita Terbaru