Rabu, September 28, 2022
spot_img

Wifi Gratis Hadir Kembali di 50 Taman Kota Bandung

BerandaKota BandungWifi Gratis Hadir Kembali di 50 Taman Kota Bandung

BANDUNG – Kota Bandung tengah bercita cita menjadikan kota smart city, karenanya kini banyak dibangun tower tower untuk mempermudah warga mengakses koneksi internet (wifi) di ruang ruang publik.

Sayangnya untuk membangun satu tower besar itu diperlukan dana sekitar Rp1 miliar. Kepala Dinas Kmunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Yayan Ahmad Briliana mengatakan tidak mungkin kebutuhan tower itu ditangani APBD Kota Bandung.

“Kita memerlukan banyak tower bersama yang kecil dan itu dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak,” ujar Yayan yang ditemui saat launching wifi gratis dari pihak ketiga di Taman Cikapayang Jumat (17/6/2022).

Pihak dimaksud ada para pengusaha yang berinvestasi di Kota Bandung diharapkan bisa memberikan CSR yang berguna bagi masyarakat.

“Silahkan berinvestasi di Kota Bandung, kami sangat mendukung. Namun, jika sudah mendapatkan keuntungan diharapkan bisa memberikan CSR bagi Kota Bandung,” ujar Yayan.

Direktur Utama Bali Tower Robi Hermanto mengaku menyambut kolaborasi itu dengan memberikan CSR berupa wifi gratis yang dipasang di 21 taman di Kota Bandung.

Bahkan Robi mengatakan wifi gratis di 50 titik akan hadir dalam waktu dekat.

“Ini baru bisa memasang wifi gratis di 21 titik. Pemasangan wifi gratis memang tidak mudah kami lakukan, semua akan dilakukan secara bertahap,” kata Robi.

Kecepatan wifi yang disediakan di setiap titik adalah 50 mbps. Robi mengatakan dengan kecepatan tersebut tidak cukup untuk kebutuhan warga.

“Ya memang akan ada kapasitas maksimal, tapi cukuplah untuk kebutuhan warga,” tuturnya.

Disinggung mengenai jumlah investasi yang diberikan untuk wifi gratis ini, Robi enggan mengatakannya. Baginya yang termahal bukan investasinya, melainkan biaya operasional dan pemeliharaannya.

“Invetasi itu akan mahal, jika tidak teintegrasi dan tidak terencana. Namun, kita akan upayakan, agar biaya yang kita keluarkan tidak terlalu besar,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan sangat berterima kasih karena Bali Tower mau memberikan CSRnya.

“Ini merupakan salah upaya kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan membantu pe ulihan ekonomi pascapandemi,” tuturnya.

Menurut Yana, paska pandemi memang sudah saatnya melakukan pemulihan ekonomi sosial dan budaya. Dengan adanya fasiliats wifi gratis, diharapkan masyarakat yang ingin berakitifitas dan berkreatifitas bisa di mana saja.

“Kan kalau ada fasilitas wifi gratis, kita bisa kerja di mana saja. Sehingga bisa menunjang produktifitas,” tambah Yana.

Yana berharap, ke depan banyak pihak ketiga yang juga ikut menyumbang hal serupa, sehingga di Kota Bandung tidak ada lagi Blank spot. Khusus CSR dari Bali Tower ini, Yana yakin sambungan baik dan tidak akan lambat.

Untuk bisa menikmati fasilitas wifi gratis ini, masyarakat tinggal mengunduh aplkasi molecool. Lalu mengisi data dan membuat password sendiri. Untuk kemudian bisa tersambung ke wifi secara otomatis di 21 titik yang menjadi CSR Bali Tower. (kai)

 

 

Berita Terbaru