Senin, September 26, 2022
spot_img

Emak Emak PKK Derwati Antusias Bikin Sampah Jadi Kursi

BerandaKota BandungEmak Emak PKK Derwati Antusias Bikin Sampah Jadi Kursi

BANDUNG – Pentingnya mengurangi sampah rupanya sekarang sudah jadi gaya hidup. Seperti di Kelurahan Derwati emak emak (ibu ibu,red) PKK tampak antusias mengikuti pelatihan pengolahan limbah rumah tangga yakni mengolah sampah plastik menjadi bahan ecobrick atau membuat sampah plastik menjadi kursi, meja dan sebagainya.

“Saya sangat senang adanya program pelatihan ini, selama ini sampah plastik dibikin sajadah, taplak meja, dompet sebagainya tapi kini bisa dibuat kursi dan meja juga,” ujar Lurah Derwati Slamet Boedhi, usai membuka pelatihan di aula kelurahan, Selasa (28/6/2022).

Slamet berharap peserta setelah ini bisa menularkan ilmunya tersebut ke keluarga dan lingkungannya sekaligus terus menyosialisasikan bahwa sampah itu ternyata bisa dimanfaatkan.

Sementara itu Branch Coorporate Communication Alfamart Elisa Refila menyampaikan pihaknya akan terus mendukung program terkait lingkungan terutama bidang diet kantong plastik.

“Kami ada program green clean, ini salah satunya cara kami mendukung dan setiap tahunnya kami memberikan CSR seperti ini,” ujar Elisa.

Ditempat yang sama aktivis bank sampah Abdullah Umar Marsela menyampaikan bahwa ecobrick adalah sebuah teknik mengolah sampah plastik menjadi sampah bermanfaat.

Kata Abdullah teknik ecobrik ini mudah, praktis, dan murah, cukup kumpulkan sampah plastik bisa bekas kopi, mie, biskuit, deterjen, kresek dan lainnya sekitar 4 kg untuk dimasukan kedalam 19 botol air mineral bekas ukuran 550 ml.

“Setelah itu gunting kecil kecil dengan tujuan agar saat dimasukan ke botol tidak ada rongga sehingga kursi atau meja tampak kokoh dan saat diduduki tidak meleyot. Setelah dimasukan ditusuk tusuk kayu hingga botol berisi dan padat,” tegasnya. (kai)

 

 

 

Berita Terbaru