Jumat, Agustus 5, 2022
spot_img

Dinas Pendidikan dan Komunitas B2W Bandung Sosialisasi dan Edukasi Gerakan Pelajar Bersepeda

BerandaKomunitasDinas Pendidikan dan Komunitas B2W Bandung Sosialisasi dan Edukasi Gerakan Pelajar Bersepeda

BANDUNG – Gerakan berjalan kaki dan bersepeda ke sekolah adalah sebuah pilihan yang terbaik bagi para pelajar dalam menempuh perjalanan menuju ke sekolahnya.Pilihan berjalan kaki atau bersepeda memang sangatlah dianggap pas apalagi mengingat jarak antar rumah para peserta didik tidak begitu jauh dengan sekolahnya. Hal ini dikarenakan pemerintah telah mengatur regulasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) salah satunya dengan adanya sistem zonasi.

Dalam rangka membumikan gerakan tersebut terutama gerakan pelajar bersepeda hari ini (3/8) komunitas pekerja bersepeda yang tergabung dalam Bike To Work (B2W) Bandung melaksanakan sosialisasi dan penguatan gerakan pelajar bersepeda di SMP Negeri 55 kota Bandung.

Dr.Edy Suparjoto,M.Pd Kabid P3TK Disdik Bandung mengatakan bahwa bersepeda merupakan salah satu moda transportasi yang sejatinya menjadi pilihan para pelajar, mengingat jarak sekolah dengan rumah para peserta didik tidaklah cukup jauh. Selain itu dengan bersepeda anak secara tidak langsung diajarkan tentang pendidikan karakter bertanggung jawab, mengatur waktu, disiplin berlalu lintas, serta menjadi orang yang memiliki kepekaan terhadap lingkungan.

Pada kegiatan tersebut, Wildan Fachdiansyah Ketua B2W Bandung menyampaikan materi tentang keselamatan bersepeda. Keselamatan bersepeda sebagai sebuah informasi penting bagi para pelajar bersepeda, mengingat resiko kecelakaan di jalan raya senantiasa mengintai. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jumlah kendaraan dan terbatasnya bahu dan ruas jalan.

Dengan gerakan bersepeda diharapkan akan menjadi solusi beberapa permasalahan kota besar seperti Bandung yang memiliki trend kemacetan lalu lintas dan tingkat polusi yang semakin tinggi.

Hal lain yang diharapkan dari gerakan pelajar bersepeda, para pelajar memiliki sebuah semangat pada saat dirinya menimba ilmu di sekolah karena bekal sebagai generasi berkeringat Sudah mereka miliki, tegas Wildan.(rls/red)

Berita Terbaru