Jumat, Desember 2, 2022
spot_img

Upacara Puncak HJKB 212 Berlangsung Khidmat

BerandaDaerahUpacara Puncak HJKB 212 Berlangsung Khidmat

BANDUNG – Upacara peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-212 Kota Bandung berlangsung khidmat. Upacara dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung, Minggu 25 September 2022.

Peringatan HJKB ke-212 mengusung tagline ‘Bangkit Bersama untuk Bandung Juara’.

Bertugas sebagai Inspektur Upacara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Tedy Rusmawan dan Komandan Upacara Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi.

Di barisan paling depan hadir Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, pimpinan Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, serta Ketua PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana.

Hadir pula sejumlah tokoh diantaranya mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada, mantan Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, sesepuh Kota Bandung, Popong Otje Junjunan.

Selanjutnya, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, anggota DPRD Kota Bandung, para rektor universitas se-Kota Bandung, Tim percepatan pembangunan Kota Bandung, para kepala OPD dan serta beberapa tamu undangan lainnya.

Upacara dimulai dengan pembacaan lintas sejarah Kota Bandung yang dibacakan oleh Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang ( Dinas Ciptabintar ) Kota Bandung, Bambang Suhari.

Dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh Kepala Badan Kesbangpol, Bambang Sukardi dan pembacaan UUD 1945 oleh Kepala Disdukcapil, Tatang Muchtar.

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengakan HJKB 212 ini harus dijadikan momentum untuk bersama melakukan percepatan dan akselerasi berbagai program di Kota Bandung.

“Momentum pasca covid, tentu menjadi upaya banyak hal dan PR yang lalu harus segera kita bereskan. Agar seluruh OPD bergerak cepat untuk segera kita bereskan bersama,” ujarnya.

“Tahun ini menjadi tahun terakhir menjelang berakhirnya periode Mang Oded dan kang Yana, ini menjadi momentum untuk terjadi percepatan,” imbuhnya.

Pada HJKB tahun ini, Pemkot Bandung pun turut menyerahkan sejumlah penghargaan dan bantuan kepada beberapa pihak. Yakni, penyerahan dana pendidikan, penyerahan juara Eco Office, Lomba Posyandu, Piagam ucapan terimakasih atas dukungan dan bimbingannya dalam rangka pelaksanaan Adminduk di Kota Bandung.

Selanjutnya, penyerahan sertifikat rumah ibadah, penyerahan piala untuk juara cerdas cermat dokter cilik, piagam ucapan terimakasih pada pameran pasar kreatif, dan juara hasil penilaian lomba kelurahan tingkat Kota Bandung.

Sebelumnya, Pemkot Bandung telah melaksanakan berbagai acara menyambut HJKB ke-212 diantaranya Bebersih Bandung Jilid 4, Ziarah Makam Pendiri Kota Bandung, Bandung Berbagi, Doa Bersama Jelang HJKB, Bandung Great, Pentas Seni dan Olahraga, Bandung Festival Diskon dan berbagai kegiatan lainnya.

Upacara peringatan HJKB ke-212 juga dilaksanakan secara serentak di 30 kecamatan di Kota Bandung dan diikuti oleh ribuan warga.

Warga Bandung juga turut merasakan kebahagiaan merayakan HJKB ke-212 dengan berbagai cara.

Seperti yang tercermin dalam penggunaan logo HJKB ke 212 yang membentuk manuk Cangkurileung. Ini sangat menggambarkan orang Bandung yang dikenal someah.

Tak hanya itu Cangkurileung juga menjadi simbol kreativitas sejalan dengan Kota Bandung yang dikenal kreatif. (rls)

Berita Terbaru