Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna Sampah di Beberapa titik TPS Sudah Terangkut

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna Sampah di Beberapa titik TPS Sudah Terangkut

BANDUNG - Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengklaim bahwa saat ini secara bertahap sampah dibeberapa titik TPS sudah terangkut.

"Hari libur pun saya punya eviden bahwa kawan-kawan DLH bersinergi dgn seluruh camat yang ada di Kota Bandung itu semua sedang berupaya keras menangangi istilah kami darurat sampah".

"Bisa dibuktikan waktu di Cigondewah dan Cijerah yang sudah demikian menggunung saya sudah lihat semua sudah terangkut tapi sampah terus ada," jelas Ema usia monitoring sampah ke beberapa titik TPS dan pasar.

BACA JUGA:Atasi Penumpukan Sampah di TPS, Ini Sejumlah Upaya Pemkot Bandung

Menurut Dia, masyarakat masih melihat sampah itu harus dibuang bukan dimanfaatkan sehingga menjadi PR besar bagi Pemkot bagaimana mengedukasi masyarakat bahwa sampah bisa dimanfaatkan.

"Itu tidak mudah nah tetapi kami tidak menepikan bahwa dampak dari orang masih jauh peduli sampah menganggap sampah urusan pemerintah".

"Kami sekarang melihat blm optimal Sarimukti sekarang beberapa TPS terjadi volume-volume luar biasa termasuk yang kami lihat hari ini pasar Cijerah berapa ton sampah bertumpuk kemudian lihat daerah Rancabolang, kalau Cijambe selesai," jelasnya.

Untuk TPS Cicabe sendiri walau sementara bisa berjalan namun bila hujan menjadi kendala karena itu, pihaknya sedang terus melakukan pengerasan dengan tambahan batu-batu pecahan oleh PU. Untuk di pasae kordon sendiri kata dia, hari ini sudah mulai terangkut.

BACA JUGA:Banjir di Kota Bandung, Bagaimana Peran ASN?

"Memang tidak bisa keseluruhan serentak karena armada kita terbatas kemudian Sarimukti juga belum maksimal ke Cicabe khusus kawasan Bandung timur kemudian lain-lain sementara kita tampung Babakan Siliwangi, kita coba pola saling ini".

"Saya dorong Perumda pasar untuk lebih optimal bekerjasama dengan pihak ketiganya untuk upaya penangaan sampah jangan sampai beban DLH," pungkasnya.

Masih kata Ema, Perumda pasar harus punya tanggungjawab besar dan ini akan dibicarakan secara formal besok. Dimana pihak ketiga akan didorong turut peduli mengelola sampah.

Kemudian memperbaiki sapras pasar Ciwastra agar tidak terlihat gunungan sampah akan ditutup seng, sehingga seperti di Baksil tertahan dan rapi, walaupun menggunung bertahap dalam 3 haru sudah bisa diclearkan dengan catatan keseharian tidak ada warga membuang kesana.

BACA JUGA:Hari Kerja Pertama Usai Libur Lebaran, ASN Kota Bandung Langsung Layani Publik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: