Dishub Kota Bekas Jarang Temukan Kendaraan ODOL selama Uji KIR

Dishub Kota Bekas Jarang Temukan Kendaraan ODOL selama Uji KIR

BEKASI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, mengaku jarang menemukan kendaraan kelebihan dimensi dan kelebihan muat (ODOL ‘over dimension over load) selama Uji KIR.

"Dalam 3 tahun terakhir tidak ada laporan mengenai truk dengan kondisi ODOL yang menjalani uji kir. Kalaupun kami menemukan ada kendaraan dalam kondidi ODOL, kami aan memberikan catatan khusus pada supir," ujat Staf UPTD KIR Dishub Kota Bekasi, Kadek.

Kadek mengatakan, catatan tersebut diberikan agar kendaraan tersebut dapat diperbaiki, baik dalam hal dimensi panjang maupun tinggi.

“Jika memang ada, pemilik kendaraan biasanya akan melakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum datang ke sini,” demikian kata dia.

Kadek juga menegaskan, dengan dibantu petugas Uji KIR yang kompeten di bidangnya, pihaknya selalu melakukan pengawasan dengan ketat terhadap pengamatan kondisi fisik kendaraan dan hal lainnya, sehingga saat melakukan KIR harus sesuai dengan dokumen kendaraan yang ada.

"Petugas selalu mencocokan antara dokumen kendaraan dengan kondisi fisik kendaraannya," papar Kadek.

Menurut Kadek, Dishub mengawasi ketat kondisi fisik kendaraan yang akan menjalani uji KIR. Hal ini bertujuan agar proses uji KIR sesuai dengan dokumen kendaraan yang ada.

"Jadi, saya tegaskan sekali lagi, truk dengan dimensi ODOL, sudah tidak pernah ditemui lagi saat melakukan KIR-nya. Kalau pun ada, pemilik kendaraan biasanya akan memperbaiki dulu sebelum kesini," tutupnya  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: