Yuk Simak, Ini 8 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik

Yuk Simak, Ini 8 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik

JAKARTA, RADARPENA - Tidur merupakan bagian dari pola hidup yang harus tercukupi setiap harinya. Memiliki kualitas tidur yang baik, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita.

Umumnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 7-9 jam, sedangkan anak-anak perlu tidur selama 9-13 jam di malam hari.

Namun, ada sebagian orang yang mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari atau biasa disebut insomnia. Pada orang dewasa, gangguan tidur biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, sedang stres, cemas, atau mengalami penyakit kronis.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Presiden Joko Widodo Akan Menaikkan Gaji ASN

Jika berlangsung terus menerus, sulit tidur atau insomnia akan membuat tubuh menjadi tidak sehat dan kurang energi, sulit berkonsentrasi, sistem kekebalan menurun, hingga terganggunya fungsi otak.

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

seperti apa sebenarnya Kualitas tidur yang buruk? Kualitas tidur yang buruk adalah ketika Anda membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk terlelap ketika mencoba tidur dan sering terbangun tanpa sebab di malam hari.

Akibatnya, mata akan menjadi merah dan bengkak, muncul kantung mata hingga timbul lingkaran hitam di sekitarnya, kelelahan, seta emosi yang tidak terkontrol termasuk akibat dari menurunnya kualitas tidur.

BACA JUGA:Sempat Beberapa Kali Tertunda, Akhirnya Peluncuran Tesla Cybertruck Ditetapkan Akhir 2023

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, simak delapan cara meningkatkan kualitas tidur atau sleep hygiene berikut ini:

1. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Pastikan tempat tidur Anda nyaman dengan menggunakan kasur yang sesuai dengan preferensi Anda.

Sebaiknya hindari cahaya terang, suara bising, dan suhu yang tidak nyaman di ruangan tempat Anda tidur. Gunakan penutup mata, earplugs, atau suara yang menimbulkan efek tenang.

BACA JUGA:Disdik Kota Bekasi sosialisasikan tahapan PPDB 2023/2024

2. Tetapkan jadwal tidur yang konsisten

Coba untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan.

Menjaga jadwal tidur yang konsisten membantu mengatur ritme sirkadian tubuh Anda dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Hindari makan berat sebelum tidur

Usahakan untuk tidak makan makanan berat atau berlemak menjelang waktu tidur. Jika perut terasa terlalu penuh, bisa mengganggu kenyamanan Anda saat tidur. Sebaiknya makan makanan ringan beberapa jam sebelum tidur.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi Dukung BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Warga

4. Hindari stimulan

Batasi konsumsi kafein dan nikotin, terutama menjelang waktu tidur. Kafein adalah stimulan yang dapat mengganggu proses tidur, jadi sebaiknya hindari minum minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur.

5. Tetap aktif secara fisik

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat membuat Anda terjaga. Sebaiknya lakukan olahraga beberapa jam sebelum tidur.

6. Buat rutinitas sebelum tidur

Luangkan waktu untuk bersantai dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Anda dapat melakukan kegiatan yang menenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, atau mandi air hangat.

BACA JUGA:Stadion Patriot akan Digunakan Klub Liga 1

Hindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet sebelum tidur karena cahaya biru dari layar dapat mengganggu tidur Anda.

7. Kelola stres

Stres dapat mengganggu tidur Anda. Coba cari cara yang efektif untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau teknik pernapasan yang dalam.
Menyiapkan pikiran Anda untuk tidur dengan lebih tenang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak.

8. Berdoa atau Beribadah sebelum tidur

Kerjakan ibadah sebelum Anda tidur. Dengan beribadah dan berdoa, Anda akan menjadi lebih tenang dan terhindar dari cemas yang berlebihan.

BACA JUGA:Walau Batal Jadi Cawapres, Cak Imin Secara Pribadi Tetap akan Dukung Prabowo

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen melatonin atau obat tidur alami, seperti passion flower atau chamomile. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu guna menentukan dosis aman penggunaan suplemen ini sesuai kondisi kesehatanmu.

Apabila gangguan tidur yang Anda alami tak kunjung membaik hingga sudah menurunkan produktivitas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: